Android Experiment, Portal Khusus Aplikasi Abnormal

No comment 3779 views

Android adalah sebuah operating system yang bersifat open-source, atas dasar itu Google meluncurkan sebuah portal bernama Android Experiments, yang berguna untuk para developer yang ingin berkreasi secara total  ‘gila-gilaan’.

Hal semacam ini bukan untuk pertama kalinya dilakukan oleh Google. Dulu hal serupa pernah dilakukan oleh Google dengan membuat sebuah portal bernama Chrome Experiments, dimana tersimpan ribuan proyek kreatif yang memaksimalkan kencanggihan teknologi HTML5, JavaScript maupun WebGL.

Atas ide yang sama Google meluncurkan portal Android Experiments. Dengan tujuan membuka kesempatan bagi para developer untuk bereksperimen dan berinovasi dengan teknologi sistem operasi Android, baik untuk smartphone, tablet atau smartwatch sekalipun. Berlandaskan prinsip dasar dari Android, maka semua project yang dilakukan di Android Experiment adalah bersifat open source.

Google mengatakan bahwa mereka mencari proyek-proyek kreatif yang sebelumnya tidak terfikirkan bahkan tidak terbayangkan oleh banyak orang yang setidaknya dapat mengubah cara interaksi individu dengan gadget mereka.

Meskipun Android Experiment ini terbuka untuk seluruh developer, namun Google tetap memberikan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi jika seorang developer ingin mengumpulkan karyanya ke Android Experiments, dan Google telah mengerahkan satu tim khusus untuk me-review semua proyek yang terkumpul.

Dari sejak peluncurannya sampai dengan saat Artikel ini ditulis sudah terkumpul 20 proyek dan salah satunya adalah Time Mesh, sebuah live wallpaper yang diperuntukan untuk Android Wear dimana efek animasinya bergantung pada seberapa tenang penggunanya.

Buat yang penasaran bagaimana bentuk dan apa saja aplikasi yang ada di  Android Experiments, kalian sudah bisa langsung mencicipinya dengan mendownload melalui Google Play Store.

Sumber : Android Developer Blog