Google Plus Akan Diceraikan Dari Semua Layanan Google

Melalui blog resminya, Google mengungkapkan rencananya untuk menghapuskankan integrasi Google Plus pada berbagai layanan miliknya secara bertahap.

Hal ini dilakukan untuk menghapus anggapan Google terkesan sedikit ‘memaksa’ para pengguna layanannya untuk turut meramaikan jejaring sosialnya tersebut. Pemaksaan tersebut dapat kita lihat sperti keharusan untuk membuat profil Google+ ketika seseorang hendak meninggalkan komentar di sebuah video di YouTube.

Namun sekarang hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi Google secara jelas menyatakan bahwa mereka telah ‘menceraikan’ YouTube dengan Google+. Jadi dalam beberapa minggu kedepan jika Anda dapat berkomentar tanpa harus terhubung dengan Google Plus.

Artikel Lainnya : Internet.org Kini Terbuka Untuk Semua Operator

Tindakan ini juga memberikan dampak positif dari sistem ranking yang ada di youtube tersebut bisa lebih efektif menyortir komentar-komentar yang dianggap spam. Google mengklaim dengan penerapan ini nantinya jumlah dislike komentar di YouTube bisa turun hingga lebih dari 35 persen.

Bukan hanya itu saja nantinya para pengguna YouTube juga tidak diwajibkan mempunyai akun Google+ untuk mengunggah video ke channel mereka. Apabila perubahan ini sudah berjalan nantinya, pengguna YouTube dapat menghapus akun Google+ yang mereka buat secara ‘terpaksa’. Namun jangan terburu - buru untuk menghapus akun Google Plus Anda sekarang, karena jika itu dilakukan sekarang maka channel Anda pun akan ikut terhapus.

Jadi nantinya Google+ akan hanya jadi Google+, Sedangkan untuk layanan yang lain dapat digunakan dengan satu akun Google saja.

Sumber : Google Blogpost