Tri Ahmad Irfan, Mahasiswa Indonesia Pertama Yang Magang di Twitter

By On Saturday, September 8th, 2018 Categories : Inspirasi, Kabar Kampus
tri_ahmad_irfan

Tri Ahmad Irfan, Mahasiswa Indonesia yang mendapatkan kesempatan magang di Twitter

Menjadi bagian dari salah satu perusahaan teknologi yang mendunia adalah salah satu keinginan banyak orang. Perusahaan seperti Google, Facebook, Twitter menjadi salah satu pilihan yang sangat di incar para pencari kerja di dunia termasuk Indonesia. Kali ini meskipun bukan bekerja, Tri Ahmad Irfan menjadi seorang Mahasiswa Indonesia Pertama yang magang di Twitter, Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman magang di kantor Twitter pusat, di San Fransisco. Untuk Info lengkap Tri Ahmad Irfan dapat langsung Anda lihat di blog pribadinya.

Awal Mula Mendapatkan Kesempatan Magang di Twitter

Tri Ahmad Irfan mendapatkan kesempatan magang di Twitter sebagai software engineering intern pada divisi Engineering Effectiveness. Tri akan mengikuti proses magang mulai dari periode 29 Juni sampai dengan 18 September 2015.  Kesempatan magang yang diperoleh oleh Tri Ahmad Irfan bermula dari sebuah program online mentorship, yaitu Indo2SV. mentorship ini di buat oleh orang – orang yang telah memiliki atau sedang berkerja di Silicon Valley. Di program tersebut tersedia berbagai kiat – kiat untuk Anda yang ingin memulai karir di perusahaan – perusahaan silivcon valley. Mentoring yang disediakan ini tersedia melalui program skype selama tiga bulan.

Tri mendapatkan kesempatan magang di Twitter melalui sistem referral atau jaringan pertemanan. “Jadi, saya mengirimkan curriculum vitae (CV) saya ke pihak Twitter melalui teman saya yang bekerja di sana,” jelas Tri. Setelah mengirimkan CV, Tri harus menjalani proses wawancara sebanyak enam kali. Setiap wawancara yang dijalaninya memakan waktu selam 45 menit, menggunakan skype.  Dalam wawancara tersebut, berbagai pertanyaan seputar pemrograman di ajukan.

Kiat Mendapatkan Kesempatan Magang di Luar Negeri

Lalu apa sebenarnya kiat – kiat bagia kita jika ingin mendapatkan kesempatan kerja atau magang di perusahaan luar negeri seperti Twitter? Simak kiat berikut yang disampaikan oleh Tri AHmad Irfan.

  • Cari referensi dan Informasi

Sebelum mendapatkan pekerjaan di perusahaan luar negeri seperti Twitter ada baiknya carilah referensi dan berbagai informasi mengenai perusahaan yang ingin Anda masuki sebanyak – banyaknya. Cari tahu lebih dalam mengenai perusahaan tersebut.

  • Latihlah Kemampuan Kita

Yang paling penting jika Anda ingin betul – betul mendapatkan hal tersebut Anda harus memulai melatih kemampuan problem solving kita dalam hal pemrograman.

Dalam kesempatan magang di Twitter, Tri mendapatkan fasilitas yang cukup menunajang seperti biaya akomodasi, biaya hidup, dan upah kerja yang akan dibayarkan selama Tri menjalani kerja magang. Tri bukanlah satu – satunya mahasiswa yang mendapatkan kesempatan magang di perusahaan luar negeri.

Kesempatan tersebut ikut didapatkan oleh rekannya yang lain yaitu Wisnu Wardhana mahasiswa Fasilkom 2012 yang mendapatkan kesempatan magang di Palantir Technologies, lalu di ikuti oleh  Rakina Zata Amni mahasiswa Fasilkom UI 2013 mendapatkan kesempatan magang di Square Inc.

Semoga Informasi ini bermanfaat dan dapat menjadikan inspirasi dan motivasi buat Anda sekalian. Jangan patah semangat dan Salam Sukses!

Sumber : News Okezone